Dalam
kurikulum 2013 TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan materi ajar yang diberikan
secara terintegrasi pada setiap mata pelajaran. Oleh karena itu guru bahasa
Inggris mesti dapat mendesain kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan
pengembangan kemampuan TIK peserta didik.
Beberapa cara yang dapat
ditempuh guru dalam pengintegrasian tersebut antara lain :
- Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor;
- Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK;
- Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail;
Pemanfaatan
Presentasi menggunakan LCD proyektor
Dengan
memanfaatkan presentasi dengan LCD proyektor berarti guru memberikan
contoh-contoh hasil pemanfaatanTIK seperti presentasi power point, animasi,film
dan lain-lain. Sehingga diharapkan peserta didik memperoleh banyak model
presentasi power point dan lainnya yang dapat menginspirasi mereka untuk dapat
membuat seperti apa yang mereka saksikan dalam tayangan saat kegiatan
pembelajaran. Presentasi yang ditampilkan dapat berupa hasil karya guru sendiri
atau kita dapat down load di internet.
Gambar 1.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash
Interactive “NYI RORO KIDUL” dengan preesentasi menggunakan LCD proyektor
dalam pembelajaran text narrative
pada kelas IX.8 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012
dalam pembelajaran text narrative
pada kelas IX.8 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012
Gambar 2.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash
Interactive “ANIMALS” dengan menggunakan LCD proyektor dalam pembelajaran
text descriptive
pada kelas VII.4 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013
pada kelas VII.4 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013
Gambar 3.
Contoh Media Pembelajaran interaktif PowerPoint
sederhana yang dapat digunakan sebagai presentasi dalam
kegiatan BKOF
pembelajaran descriptive kelas VII
pembelajaran descriptive kelas VII
Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK
Cara lain mengintegrasikan
materi TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan tugas
kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK seperti mengumpulkan teks yang
mereka buat dalam bentuk ketikan, presentasi power point atau dalam
bentuk file yang lain. Selain dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris
peserta didik dengan tugas tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan TIK, kreatifitas
dan nilai estetika peserta didik.
Gambar 4.
Contoh hasil teks procedure
karya Aulia Putri siswi kelas VII.1 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013 yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.
karya Aulia Putri siswi kelas VII.1 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013 yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.
Gambar 5.
Contoh tugas vocab teks procedure
karya KELOMPOK I
kelas VII.7 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013
karya KELOMPOK I
kelas VII.7 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013
yang
dibuat dalam bentuk file PowerPoint.
(silakan down load jika
anda tertarik)
Gambar 6.
Presentasi hasil diskusi
kelompok
dengan power point
dalam pembelajaran text explanation
pada kelas IX.6 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012
dengan power point
dalam pembelajaran text explanation
pada kelas IX.6 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012
Memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail
Cara lain mengembangkan
kemampuan TIK peserta didik adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mengirimkan tugasnya melalui e-mail. Dengan mengirimkan tugas
melalui e-mail peserta didik akan termotivasi untuk memiliki e-mail dan bagi
yang sudah memiliki maka akan termotivasi untuk mengaktifkan e-mail tersebut
lebih dari sekedar hanya untuk mengaktifkan akun jejaring sosial.
Gambar
7.
Peserta
didik SMP Negeri 1 Slawi yang telah mengirimkan tugas bahasa Inggris lewat
e-mail.
Cara-cara tersebut kami kira
dapat dilaksanakan asalkan guru menguasai keterampilan TIK dengan baik.
Good, Thank you sir,,
BalasHapusSangat membantu
You are welcome.
BalasHapusI am glad if you find it useful