Sabtu, 09 Februari 2013

Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Bahasa Inggris



Dalam kurikulum 2013 TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan materi ajar yang diberikan secara terintegrasi pada setiap mata pelajaran. Oleh karena itu guru bahasa Inggris mesti dapat mendesain kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pengembangan kemampuan TIK peserta didik.
Beberapa cara yang dapat ditempuh guru dalam pengintegrasian tersebut antara lain :
  1. Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor;
  2. Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK;
  3. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail;

Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor
Dengan memanfaatkan presentasi dengan LCD proyektor berarti guru memberikan contoh-contoh hasil pemanfaatanTIK seperti presentasi power point, animasi,film dan lain-lain. Sehingga diharapkan peserta didik memperoleh banyak model presentasi power point dan lainnya yang dapat menginspirasi mereka untuk dapat membuat seperti apa yang mereka saksikan dalam tayangan saat kegiatan pembelajaran. Presentasi yang ditampilkan dapat berupa hasil karya guru sendiri atau kita dapat down load di internet.


Gambar 1.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash Interactive “NYI RORO KIDUL” dengan preesentasi menggunakan LCD proyektor 
dalam pembelajaran text narrative
pada kelas IX.8 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012


Gambar 2.
Pemanfaatan Media Pembelajaran  Flash Interactive “ANIMALS” dengan menggunakan LCD proyektor dalam pembelajaran text descriptive 
pada kelas VII.4 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013



Gambar 3.
Contoh Media Pembelajaran interaktif PowerPoint  sederhana yang dapat digunakan sebagai presentasi dalam kegiatan BKOF 
pembelajaran descriptive kelas VII
(silakan lihat atau download jika anda tertarik)




Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK
Cara lain mengintegrasikan materi TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK seperti mengumpulkan teks yang mereka buat dalam bentuk ketikan, presentasi power point atau dalam bentuk file yang lain. Selain dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik dengan tugas tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan TIK, kreatifitas dan nilai estetika peserta didik.


Gambar 4.
Contoh hasil teks procedure 
 karya Aulia Putri siswi kelas VII.1 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013 yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.



Gambar 5.
Contoh tugas vocab teks procedure 
karya KELOMPOK I
kelas VII.7 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013 
yang dibuat dalam bentuk file PowerPoint.
     (silakan down load jika anda tertarik)


Gambar 6.
Presentasi hasil diskusi kelompok 
dengan power point
dalam pembelajaran text explanation
pada kelas IX.6 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012


Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail
Cara lain mengembangkan kemampuan TIK peserta didik adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengirimkan tugasnya melalui e-mail. Dengan mengirimkan tugas melalui e-mail peserta didik akan termotivasi untuk memiliki e-mail dan bagi yang sudah memiliki maka akan termotivasi untuk mengaktifkan e-mail tersebut lebih dari sekedar hanya untuk mengaktifkan akun jejaring sosial.


Gambar 7.
Peserta didik SMP Negeri 1 Slawi yang telah mengirimkan tugas bahasa Inggris lewat e-mail.


Cara-cara tersebut kami kira dapat dilaksanakan asalkan guru menguasai keterampilan TIK dengan baik.

2 komentar:

  1. Good, Thank you sir,,
    Sangat membantu

    BalasHapus
  2. You are welcome.
    I am glad if you find it useful

    BalasHapus