Minggu, 28 April 2013

KISI-KISI UKK SMP TAHUN 2012/2013


Diinformasikan kepada semua guru bahasa Inggris dan siswa kelas 7 dan 8 SMP di kabupaten Tegal, bahwa Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) tahun pelajaran 2012/2013 akan diselenggarakan pada bulan Juni 2013.
Untuk itu kami up load  Kisi-kisi soal yang dapat Anda down load  berikut ini :

  • Kisi-kisi soal UKK bahasa Inggris Kelas 7      down  load
  • Kisi-kisi soal UKK bahasa Inggris Kelas 8       down  load

Informasi lain yang dapat kami sampaiakn adalah Jadwal Pelaksanaan UKK sebagai berikut :



NO.
HARI/TANGGAL
WAKTU
MAPEL
1.
SENIN,
10 JUNI 2013
07.30 – 09.30
B.INDONESIA
10.00 – 11.30
PKn
2.
SELASA,
11 JUNI 2013
07.30 – 09.30
MATEMATIKA
10.00 – 11.30
PENDIDIKAN AGAMA
3.
RABU,
12 JUNI 2013
07.30 – 09.30
ILMU PENGETAHUAN ALAM
10.00 – 11.30
BAHASA JAWA
4.
KAMIS,
13 JUNI 2013
07.30 – 09.30
BAHASA INGGRIS
10.00 – 11.30
TIK
5.
JUMAT,
14 JUNI 2013
07.30 – 09.00
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
09.30 – 11.00
PERTIWI

Semoga bermanfaat.
 

Minggu, 17 Maret 2013

CONTOH TEKS PROCEDURE,HOW TO MAKE FRIED "JINTUL"

HOW TO MAKE FRIED JINTUL


Jintul adalah makanan tradisional dari Slawi, kabupaten Tegal,Jawa Tengah,Indonesia. Makanan ini terbuat dari singkong kukus yang ditumbuk kasar, kemudian dibentuk menjadi kotak, bola-bola kecil, atau lingkaran. Jintul kadang dimakan bersama rujak teplak yaitu rujak /urab sayuran khas dari Slawi dengan bumbu sambal teplak (sambal dengan campuran singkong yang diuleg). Jintul dapat juga disajikan dengan kelapa parut. Sebagian orang Slawi lebih suka menyajikannya dengan cara digoreng.

Berikut ini kami sajikan sebuah contoh teks procedure  untuk pembelajaran reading kelas 7 SMP tentang cara membuat JINTUL GORENG.


HOW TO MAKE FRIED JINTUL

Materials :
-          A block of jintul (sliced)
-          Cooking oil
-          A teaspoon of ground coriander
-          A bulb of garlic
-          A bulb of onion
-          A pinch of salt
-          5 tablespoon of water

How to make  :
  1. Grind the garlic and the onion
  2. Add the ground coriander and salt
  3. Add water
  4. Dampen the sliced jintul with the mixture
  5. Heat the oil
  6. Fry the dampened jintul
  7. When it has turned golden brownish take the jintul from the frying pan
  8. Jintul  is ready to serve

 
gambar 1
Media pembelajaran teks procedure  How to Make Fried Jintul 
yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran tersebut di kelas.
(silakan lihat atau down load jika Anda tertarik)

gambar 2
Gambar contoh teks procedure untuk pembelajaran reading 
kelas 7 SMP


gambar 3
Potongan jintul berbentuk kotak yang dapat diiris-iris
dan disajikan dengan kelapa parut atau dengan rujak teplak,
 atau dapat juga diiris-iris kemudian digoreng.



gambar 4
Jintul  goreng yang siap disantap


gambar 5
Rujak teplak  yang dapat dinikmati bersama jintul


Sabtu, 09 Februari 2013

Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Bahasa Inggris



Dalam kurikulum 2013 TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan materi ajar yang diberikan secara terintegrasi pada setiap mata pelajaran. Oleh karena itu guru bahasa Inggris mesti dapat mendesain kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pengembangan kemampuan TIK peserta didik.
Beberapa cara yang dapat ditempuh guru dalam pengintegrasian tersebut antara lain :
  1. Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor;
  2. Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK;
  3. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail;

Pemanfaatan Presentasi menggunakan LCD proyektor
Dengan memanfaatkan presentasi dengan LCD proyektor berarti guru memberikan contoh-contoh hasil pemanfaatanTIK seperti presentasi power point, animasi,film dan lain-lain. Sehingga diharapkan peserta didik memperoleh banyak model presentasi power point dan lainnya yang dapat menginspirasi mereka untuk dapat membuat seperti apa yang mereka saksikan dalam tayangan saat kegiatan pembelajaran. Presentasi yang ditampilkan dapat berupa hasil karya guru sendiri atau kita dapat down load di internet.


Gambar 1.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Flash Interactive “NYI RORO KIDUL” dengan preesentasi menggunakan LCD proyektor 
dalam pembelajaran text narrative
pada kelas IX.8 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012


Gambar 2.
Pemanfaatan Media Pembelajaran  Flash Interactive “ANIMALS” dengan menggunakan LCD proyektor dalam pembelajaran text descriptive 
pada kelas VII.4 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013



Gambar 3.
Contoh Media Pembelajaran interaktif PowerPoint  sederhana yang dapat digunakan sebagai presentasi dalam kegiatan BKOF 
pembelajaran descriptive kelas VII
(silakan lihat atau download jika anda tertarik)




Memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK
Cara lain mengintegrasikan materi TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan tugas kepada peserta didik yang menuntut kemampuan TIK seperti mengumpulkan teks yang mereka buat dalam bentuk ketikan, presentasi power point atau dalam bentuk file yang lain. Selain dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik dengan tugas tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan TIK, kreatifitas dan nilai estetika peserta didik.


Gambar 4.
Contoh hasil teks procedure 
 karya Aulia Putri siswi kelas VII.1 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013 yang di ketik dengan MS Words dengan ilustrasi yang dibuatnya dengan aplikasi Paint dari Microsoft Office.



Gambar 5.
Contoh tugas vocab teks procedure 
karya KELOMPOK I
kelas VII.7 SMPN 1 Slawi tahun 2012/2013 
yang dibuat dalam bentuk file PowerPoint.
     (silakan down load jika anda tertarik)


Gambar 6.
Presentasi hasil diskusi kelompok 
dengan power point
dalam pembelajaran text explanation
pada kelas IX.6 SMPN 1 Slawi tahun 2011/2012


Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan tugas lewat e-mail
Cara lain mengembangkan kemampuan TIK peserta didik adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengirimkan tugasnya melalui e-mail. Dengan mengirimkan tugas melalui e-mail peserta didik akan termotivasi untuk memiliki e-mail dan bagi yang sudah memiliki maka akan termotivasi untuk mengaktifkan e-mail tersebut lebih dari sekedar hanya untuk mengaktifkan akun jejaring sosial.


Gambar 7.
Peserta didik SMP Negeri 1 Slawi yang telah mengirimkan tugas bahasa Inggris lewat e-mail.


Cara-cara tersebut kami kira dapat dilaksanakan asalkan guru menguasai keterampilan TIK dengan baik.